Situs Web dan Saluran Distribusi

Dalam Marketing Mix alias Bauran Pemasaran terdapat 4P, yaitu Product, Price, Place, dan Promotion. Beberapa literatur bahkan menambahkan hingga 7P dengan memberikan 3P tambahan pada 4P tadi.

Kembali ke 4P dimana Produk (termasuk jasa) adalah P pertama, Harga adalah P kedua, dan Tempat alias Saluran Distribusi sebagai P ketiga dan Promosi sebagai P yang keempat. Kali ini yang akan disorot adalah Saluran Distribusi sebagai P ketiga.

Produk atau jasa dengan Harga yang baik tidak akan sampai ke tangan konsumen tanpa adanya Saluran Distribusi. Saluran Distribusi adalah kanal bergeraknya produk dari Produsen ke Konsumen Akhir. Saluran Distribusi bisa dari tingkat 0 sampai beberapa tingkat. Yang dimaksud dengan Saluran Distribusi tingkat 0 adalah kanal dimana Produsen langsung menjual ke konsumen, bila produk/jasa harus melalui satu perantara sebelum sampai ke tangan konsumen maka disebut Saluran Distribusi tingkat 1, dan seterusnya….

Yang menarik adalah setelah adanya internet, terutama dengan situs web-nya dapat membuat berkurangnya tingkat Saluran Distribusi. Sebagai contoh adalah sebelum penggunaan situs web dalam penjualan tiket pesawat terbangĀ  secara online, maka tiket tersbut untuk sampai ke konsumen memerlukanĀ  perantara, misalnya travel agent. Dengan adanya situs web mengurangi tingkat saluran distribusi dari 1 ke 0. Bahkan banyak produsen yang dapat menjangkau konsumen langsung melalui situs web yang dimilikinya.

Semakin tinggi tingkat Saluran Distribusi, maka semakin menambah biaya distribusi yang pada akhirnya akan menjadi faktor yang menambah komponen harga. Nah dengan menguasai pemanfaatan situs web dengan baik tentunya bisa menjadi salah satu faktor yang dapat langsung menjangkau konsumen yang juga bisa memendekkan tingkat saluran distribusi…yang pada gilirannya akan mengefisienkan biaya saluran distribusi yang tidak perlu…

Leave a Reply

 

 

 

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>