Bugs alias kutu

Dalam dunia pemrograman (programming) sering didengar istilah bugs. Bugs sendiri berarti kutu, namun bugs di dalam pemrograman diartikan sebagai kesalahan/masalah  dalam pembuatan program yang harus ditemukan dan diperbaiki. Karena pencarian ini seperti mencari kutu, maka muncullah istilah bugs ini.

Kesalahan/masalah yang ditemukan dalam pemrograman dapat dikategorikan dua bagian besar, yaitu kesalahan syntax dan kesalahan logika. Kesalahan syntax adalah kesalahan dalam penulisan bentuk perintah, dimana akibat kesalahan ini program biasanya terhenti pada saat dijalankan. Kesalahan logika adalah kesalahan didalam menterjemahkan logika ke dalam penulisan program. Akibat dari kesalahan penulisan program menyebabkan hasil yang diinginkan tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Baik kesalahan syntax maupun kesalahan logika kadang tidak ditemukan saat program dijalankan, hal ini dikarenakan terjadinya kondisi dimana alur program tidak melewati jalur yang di coba. Jadi kadang bugs ditemukan pada saat program sudah dioperasikan sebagai software. oleh karenanya dalam mentest program semua jalur logika harus ditest.

Leave a Reply

 

 

 

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>