Misi Organisasi, buat apa?

Misi menunjukkan apa hal-hal utama yang menjadi aktifitas organisasi dalam usaha mencapai visi yang telah di tetapkan. Dengan adanya misi maka organisasi memiliki serangkaian langkah mendekati visi.

Misi biasanya dibuat dalam beberapa butir pernyataan, tiap butir pernyataan tersebut menunjukkan aktifitas utama organisasi. Yang perlu diperhatikan adalah bahwa misi adalah kegiatan saat ini, jadi bukan rencana atau sesuatu yang masih dalam perencanaan masa depan, juga bukan pernyataan yang menunjukkan hasil masa lalu organisasi.

Seperti juga visi, maka misi juga harus dibuat berdasarkan konsensus para manajemen puncak organisasi karena misi yang baik adalah misi yang mendapat dukungan penuh manajemen puncak sehingga bisa diimplementasikan dalam setiap kegiatan organisasi. Tanpa dukungan manajeman puncak, misi boleh jadi hanya pernyataan di atas kertas.

Leave a Reply

 

 

 

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>