Komputasi, apaan sih?

Istilah komputasi kadang menimbulkan tanda tanya bagi banyak orang termasuk pengguna komputer sehari-hari. Kata ini sebenarnya diambil dari kata computing dalam bahasa Inggris. Komputasi dapat diartikan kegiatan yang memanfaatkan, melakukan kegiatan dan mengembangkan teknologi komputer. Nah teknologi komputer disini dapat berupa teknologi perangkat keras komputer, piranti lunak maupun tekonologi telekomunikasi yang berhubungan dengan komputer tadi.

Contoh komputasi adalah pemanfaatan komputer untuk  penulisan surat elektronik, membuat laporan keuangan dengan menggunakan piranti lunak tertentu, mengembangkan piranti lunak baik desain maupun penulisan program, mengaudit sistem informasi, mengembangkan game, berselancar di internet, dan masih banyak lagi…..

Contoh-contoh di atas memperlihatkan komputasi tidak melulu kegiatan yang berpusat pada perangkat keras komputer. Komputasi berkaitan erat dengan Telematika (singkatan dari Teknologi Komunikasi dan Informatika) yang lebih mengarah pada pemanfaatan teknologi komunikasi untuk pengolahan dan penyimpanan informasi.

Luasnya bidang komputasi membuat banyak pilihan yang dapat ditekuni dan dijadikan kompetensi, diantaranya adalah pengembangan sistem informasi, audit sistem informasi, desain berbasis komputer, publikasi digital,  pengembangan web, dan lain-lain sesuai minat.

Leave a Reply

 

 

 

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>